Balai Bahasa Provinsi Kalteng Gelar Bimtek Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin

Disdikbud Kobar

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Bimtek Guru Utama Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin, Senin (24/6). Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 24-28 Juni 2024 bertempat di ruang belajar SMPN 1 Arut Selatan.

Peserta berjumlah 20 orang, terdiri atas guru SD, SMP, dan dari komunitas. Dasar kegiatan ini adalah Program Merdeka Belajar episode ke-17 Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi tentang Revitalisasi Bahasa Daerah.

Kegiatan dibuka oleh kepala Dinas Dikbud Kobar Jamri. Dalam sambutannya Jamri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena kembali dipercaya untuk menyelenggaran kegiatan Bimtek Guru Utama Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin untuk yang ketiga kali.  

“Kotawaringin barat tetap siap dan selalu mendukung upaya pelesteraian bahasa dan sastra daerah serta telah melakukan pengimbasan ke sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Jamri.

Tujuan utama program ini untuk melestarikan bahasa daerah dan meningkatkan apresiasi terhadap bahasa dan sastra daerah. Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Widyabahasa Ahli Madya Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Yohanes Tri Nugroho atas respon dan kolaborasi yang baik dalam pelaksanaan program RBD.


TOP